Pengaturan Blogspot Untuk SEO: bagian I

Bookmark and Share
Pengaturan Blogspot Untuk SEO
SEO untuk blog tidak hanya sekedar menambah link dan melakukan trik dengan tujuan membanyak pengunjung. Namun SEO di blog lebih ke tujuan untuk memberikan konten yang enak dinikmati oleh pengunjung selain juga search engine friendly.
Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Pada tab pengaturan bagian dasar (basic).
a. Judul: Buat judul Blog dengan memperhatikan keywords anda. Meskipun bersifat opsional dan dapat dirubah, saya tidak menganjurkan untuk mengubah judul blog pada bagian ini. Jika terjadi pergeseran keywords yang dibidik ubahlah pada bagian Meta tag Title.
b. Uraian: adalah diskripsi singkat mengenai blog, isikan dengan keywords bidikan, tetapi jangan terlalu monoton karena bisa diangap spamming keywords
c. Selanjutnya untuk memaksimalkan backlink serta kemungkinan orang mengunjungi blog, pilihan” tambahkan blog anda ke daftar kami” harus diatur YA
d. Bagian “ biarkan mesin pencari menemukan blog anda” harus diatur YA. Wajib diatur YA karena jika diatur TIDAK, search engine akan berhenti mengindeks blog dan blog tidak akan SEO friendly.
e. Untuk bagian editing cepat, anda bebas mengaturnya karena tidak berkaitan denga SEO, bagian ini hanya berkaitan dengan kemudahan dalam meng-update blog.
f. Jika ingin poting cepat disebarkan maka bisa menggunakan fasilitas Link Posting Email dengan mengatur YA.
g. Untuk konten dewasa atur Tidak, karena jika diatur ya tidak baik untuk SEO.
h. Demi kemudahan menulis artikel, atur Global Compose menjadi Ya.
i. Untuk transliterasi Aktifkan, ini akan baik karena bisa menjaring pengunjung dari berbagai bahasa.
j. Klik simpan setelan.
2. Pada tab “publikasi” terdapat pengaturan perubahan URL blog. Akan tidak baik jika ini dirubah karena akan membuat search engine menganggap blog tersebut adalah blog baru. Tetapi sebagian ahli SEO menganjurkan melakukan verifikasi kata setiap kali posting artikel, kemudian klik simpan setelan.

3. Pada tab “Format” digunakan untuk mengatur tamplan blog. Ada beberapa elemen SEO penting yang dapat di maksimalkan melalui beberapa pengaturan sebagai berikut:
a. Pada set Tampilkan merupakan jumlah artikel yang ditampilkan pada halaman Beranda. Pada dasarnya semakin banyak maka semakin baik, karena banyak yang terbaca oleh robot search engine. Tetapi perlu diingat kecepatan akses ke beranda blog.
b. Header tanggal sebisa mungkin yang panjang karena bagus ditinjau dari sisi search engine.
c. Untuk Timestamp usahakan juga pilih yang panjang dengan menggunakan format 24 jam.
d. Pilih zona waktu sesuai dengan target pengunjung.
e. Set “bahasa” sesuai dengan target pengunjung.
f. Untuk konfersi ganti baris atur Ya, hal ini tidak berkaitan lansung dengan SEO tetapi mempermudah dalam proses penulisan artikel.
g. Atur “Tampilakan Field Judul” Ya. Ini penting untuk SEO agar robot bisa mengindeks search engine dengan karena Field judul ditampilkan.
h. Pada “Tampilan kolom Link” juga atur Ya karena akan membuat URL dan backlink ditampilkan di masing-masing artikel. Semakin banyak crosslink di artikel, semakin baik web site tersebut menurut search engine.
i. Pada “ Peralatan Float” anda bebas mengaturnya karena tidak berkaitan langsung sengan SEO dan hanya berkaitan dengan tampilan blog.
j. Pada “Template Posting” anda bisa mengisikan dengan keyword dengan variasi frasenya.
k. Klik simpan setelan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }