Tuturial SEO: Meta Tags

Bookmark and Share
meta tag

Jika anda menginginkan website yang menarik banyak pengunjung serta mesin pencari, maka jawabannya adalah maksimalkan isi Meta Tag situs. Meta tag tidak dilihat secara langsung oleh pengunjung, tetapi dibaca dan dimengerti serta disukai oleh robot Google. Meta tag yang baik membantu mengoptimalkan situs. Jika anda menggunakan kata kunci yang benar dalam teks Meta Tag. Meskipun meta tag saja tidak dapat menjamin optimasi lengkap dari sebuah situs web. Meta tag hanya membantu memaksimalkan trafik dengan cara mengoptimasikan urutan teratas pada saat keywords kita diketik pada search engine.
Meta tags terdiri dari 3 komponen utama, meski sebenarnya meta tags memiliki banyak banyak komponen. Tiga komponen utama Meta tags adalah:
1. Meta Keywords
Meta Keywords memberikan kesempatan untuk menguraikan kata penting dan kalimat unik pada situs. Meski begitu penggunaan Meta Keywords dianjurkan tidak melebihi 10 kata, idealnya 5-10 kata saja. Baca juga artikel menyeleksi Keywords. Jangan menambah kata kunci ke dalam Meta Tags Keywords, kalau kata kunci tersebut tidak ada dalam konten.
Meta tags keyword berguna untuk memperkuat relefansi topik situs dengan robot seach engine. Konten yang sempurna, gambar gadis-gadis cantik tidak akan disukai bahkan tidak akan terbaca oleh robot. Robot google hanya akan membaca Meta Tags yang kita berikan. Memasukkan Meta Keywords hanyalah cara untuk meningkatkan probabilitas bahwa website Anda akan disajikan untuk hasil pencarian yang lebih, selanjutnya terserah pengunjung.
2. Meta Title
Meta tags Tille harus menggambarkan secara jelas dan singkat tentang situs ( gunakan 5 sampai 10 kata kurang dari 100 karakter). Title yang saya bicarakan disini bukanlah title blog atau situs. Gambaran ringkas tilte harus mencakup kata kunci atau Frase unik yang relevan dengan situs. Hindari penggunaan kata yang tidak penting seperti kata “dan” serta “atau”.
Sebagian ahli SEO menganjurkan menggunakan pembatas “|” untuk setiap kata kunci yang ditargetkan. Selain menghemat tempat di Meta Tags, juga membuat judul mudah dipahami oleh pengunjung ataupun robot.
3. Meta Description
Meta tag Description adalah baris kode yang menggambarkan ke mesin pencari dan masyarakat umum tentang apa isi dari situs. Meski berisi gambaran situs usahakan diskripsi jangan terlalu panjang dan jangan melebihi 200 karakter.
Ketika Google tidak dapat menemukan potongan yang relevan dari teks di halaman sebagai descriptor untuk disuguhkan dalam hasil pencarian, maka robot akan menggunakan meta tag description untuk dijadikan tampilan dalam hasil pencarian. Jangan lupa mamasukkan beberapa kata kunci anda untuk membantu crawler mengidentifikasi relevansi dan penempatan website.
Selain 3 Meta Tags utama tersebut, masih ada Meta tags yang masih sering dianjurkan untuk dipakai, yaitu menambahkan Alt tag pada gambar yang kita upload di halaman situs. Alt tag atau alternative tag mendiskipsikan gambar kepada robot. Ingat robot tidak bisa melihat gambar, robot hanya bisa melihat jika kita memberikan Alt tag pada gambar.
setelah anda mengupload gambar, tambahkan kode HTML, sebagai contoh: img src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvo-oVAjyPYDH73kLH_qLXNdAXcUisDOqE5NLGCyggHOxnzQIcbhPdvsZnRKMnz8q1-F_G3Xugcay9kSukeNMaLd0rfLtFq8SrOLj2T2ULxDG1m3PECxsqYiHCWyACfq9RLCV0krW0O6dj/s320/meta+tag.jpg" alt="keywords anda"/>.

Kesimpulan:
Meta Tag dibuat bukan untuk pengunjung, melainkan dibuat untuk robot yang akan membantu situs kita sering dikunjungi dengan memaksimalkan situs pada halaman hasil pencarian. Meta Tags utama yang terdiri dari meta keywords, meta title, meta description dan alt tag image semuanya harus mengandung kata kunci utama yang sama dengan tambahan kata yang tidak bertele-tele. Semoga bermanfaat….

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }